Kesehatan

Sebelum Parah, Kenali Gejala Sakit Ginjal Stadium Awal

Pada dasarnya, semua penyakit kronis bisa disembuhkan dengan cepat jika terdeteksi sejak awal. Begitu pun dengan masalah ginjal, yang dapat disembuhkan dengan cepat jika kita bisa mengetahui gejalanya sejak dini. Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa gejala sakit ginjal stadium awal. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan dibawah ini. 

1. Selalu Ingin Buang Air Kecil

Gejala pertama dari sakit ginjal di stadium awal, yakni selalu ingin buang air kecil terlebih di malam hari. Ya, hal itu dikarenakan fungsi ginjal yang tidak mampu menyaring dengan baik, sehingga frekuensi ingin buang air kecil akan meningkat. 

2. Cairan Urine yang Berbusa dan Berdarah

Adanya busa dalam urin merupakan indikasi bahwa kita memiliki protein yang berlebihan pada urine. Selain busa, tak jarang juga cairan urine pada pengidap penyakit ginjal stadium awal ini juga akan disertai dengan darah lho! 

3. Terjadi Pembengkakan di Area Mata

Ketika ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, maka protein albumin akan bocor ke luar jaringan. Hasilnya, terjadi pembengkakan di area sekitar mata yang semakin lama akan semakin membengkak. 

4. Pembengkakan Pada Kaki dan Betis

Tak hanya pembengkakan pada area mata, masalah ginjal pada stadium awal juga akan ditandai dengan adaya pembengkakan pada betis dan kaki. Menurut para medis, kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan sodium. 

5. Kesulitan Tidur

Jangan anggap sepele masalah insomnia alias susah tidur malam. Pasalnya, bisa jadi hal itu merupakan indikasi bahwa ginjalmu bermasalah. Ya, ketika ginjal tidak mampu menyaring racun dengan baik, maka racun tersebut akan menetap dalam darah. Racun tidak terbuang melalui urine, sehingga kita akan kesulitan tidur. 

6. Kulit Terasa Kering dan Gatal

Ciri-ciri berikutnya dari sakit ginjal stadium awal, yakni kulit terasa kering dan gatal. Kondisi ini terjadi akibat mineral dan nutrisi dalam darah sangat sedikit.

Seperti itulah beberapa ciri-ciri dari sakit ginjal stadium awal.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *