Politik

Sosok Fachrul Razi, Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju

Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi secara resmi dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama (Menag) periode 2019 – 2024. Pengumuman serta pelantikan semua nama-nama menteri dan pejabat setingkat diumumkan oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada Rabu 23/10/2019.

Dilansir dari salah satu media swasta, yang menyebutkan bahwa Fachrul Razi menyampaikan siap bekerja sama dengan Ketum Partai Gerindra, yakni Letjen (Purn) Prabowo Subianto. Ya, terang saja demikian, sebab kedua pejabat tersebut merupakan rekan se-almamater di TNI. 

Ketika masih di TNI, Fachrul sempat menandatangani surat rekomendasi pemecatan Prabowo, ketika menjadi wakli kedua Dewan Kehormatan Perwira (DKP). Kendati demikian, hal itu sama sekali tidak membuat hubungan keduanya menjadi panas. Bahkan, mereka berdua masih terlihat sangat akrab saat bertemu.  

Fachrul sendiri memang memiliki segudang pengalaman yang umpuni di bidang infanteri, hingga akhirnya ia mendapatkan posisi jabatan Menteri Agama. Awal kariernya dimulai ketika menjadi komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad, kemudian menjadi Wakil Asisten Operasi KASAD, Kepala Staf Daerah Militer VII?Wirabuana, hingga GUbernur Akademi Militer pada tahun 1996 – 1997. 

Profil Fachrul Razi

Tak hanya itu, Fachrul juga sempat menjabat sebagai Asisten Opeasi KASUM ABRI (1997 – 1998)), Kepala Staf Umum ABRI (1998 – 1999), Sekertaris Jendral Departemen Pertahanan, dan Wakil Pangllima TNI (1999 – 2000). Setelah itu, Fachrul ditunjuk oleh Presiden Jokowi dan wakil Presiden Ma’ruf Amin menjadi Menteri Agama di Kabinet Indonesia Maju. Fachrul Razi lahir di Banda Aceh, 26 Juli 1947, yang memang mengenyam pendidikan Akademi Militer di tahun 1970. 

Terlepas dari profilnya, ternyata Menteri Agama ini dikonfirmasi positif covid-19 yang disampaikan langsung oleh staf khususnya yang bernama Kevin Haikal. “Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun, Alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan,” ungkap Kevin saat diwawancarai pers. “Kita doakan saja agar beliau semoga cepat sembuh,” tambahnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *