Ibu dan Anak

Tips Memberikan Susu Formula Pada Bayi

Setelah melahirkan, fase berikutnya yang akan dilalui oleh seorang bunda adalah fase menyusui bayinya yang baru lahir. Dan perlu bunda ketahui bahwa manfaat menyusui ini sangat banyak baik itu untuk pertumbuhan sang bayi maupun sang bunda.

Pada ASI ini mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang mampu membantu melawan virus dan bakteri. Sehingga bayi yang diberi ASI berisiko lebih kecil untuk terserang berbagai penyakit, seperti meningtis, sindrom kematian bayi mendadak, infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga, alergi, asma, dan diare. 

Namun karena berbagai faktor sehingga membuat sang bunda tidak bisa memberikan ASI pada bayinya, yang akhirnya memberikan susu formula sebagai gantinya. Pada saat anda akan memberikan susu formula untuk bayi yang baru lahir, tentunya anda harus melakukan langkah-langkah yang tepat supaya bayi bisa minum susu dengan tenang dan tidak tersedak. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

  • Pertama-tama gendong atau posisikan bayi dekat dengan anda. Posisikan kepala bayi supaya lebih tinggi dari tubuhnya. Sebaiknya tempatkan penyangga untuk kepala agar bayi bisa lebih mudah menelan susu.
  • Jangan paksakan bayi untuk buru-buru menghabiskan susu. Jadi, biarkan bayi yang menentukan sendiri seberapa cepat atau lambat ia ingin minum susu formulanya.
  • Langkah selanjutnya, posisikan botol susu dengan benar. Pegang botol susu sehingga sebagian besar bagian dot berada di dalam mulut bayi. Selain itu, pastikan juga ujung dot penuh dengan susu. Karena jika ujung dot tidak penuh dengan susu, maka bayi bisa menelan udara sehingga bisa membuatnya kembung.
  • Setelah selesai minum susu, buat bayi anda sendawa. Jika anda merasa ada banyak gas di dalam tubuh bayi, maka lakukan hal ini setelah bayi menghabiskan setengah botol susu.
  • Ingat! Jangan biarkan bayi anda minum susu saat sedang tidur. Karena kebiasaan ini bisa menyebabkan gigi berlubang di kemudian hari.  

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang tips memberikan susu formula pada bayi, semoga bermanfaat khususnya bagi para bunda yang memiliki bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *