Teknologi

Lebih Unggul Mana iPhone 8 Plus Atau iPhone XR

main image

Biasanya iPhone keluaran terbaru lebih cepat serta memiliki fitur yang lebih canggih yang merupakan hasil penyempurnaan dari iPhone sebelumnya. Tetapi terkadang tidak semuanya seperti itu. Sebagai contoh iPhone 8 Plus dan iPhone XR, meski keduanya hanya berselang 1 tahun saja, tetapi iPhone 8 Plus dan iPhone XR memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. 

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan iPhone 8 Plus yang tidak dimiliki iPhone XR, diantaranya yaitu :

  1. iPhone 8 Plus Memiliki Fitur 3D Touch

Kamu harus bersiap siap menerima kehilangan fitur 3D Touch yang masih bisa ditemukan pada iPhone 8 Plus saat membeli iPhone XR. Pasalnya iPhone telah menggantinya dengan Haptic Touch. Ini adalah sebuah fitur yang akan memberikan feedback getaran saat menekan sebuah ikon aplikasi. 

Sejatinya, 3D Touch merupakan fitur untuk memunculkan opsi tambahan dari sebuah aplikasi lewat seberapa keras pengguna mengklik ikon aplikasi tersebut. 

  • Layar iPhone 8 Plus Lebih Mumpuni

Kelebihan kedua yang dimiliki iPhone 8 Plus adalah memiliki layar yang lebih mumpuni. Ponsel ini memiliki layar resolusi Full HD 1010p, tepatnya 1080 x 1920 dengan tingkat kerapatan piksel 401. Ukuran ini lebih besar dari iPhone XR yang hanya memiliki resolusi HD 720p atau tepatnya 828 x 1792 dengan tingkat kerapatan piksel 326. 

  • iPhone 8 Plus Memiliki Tombol Fisik “Home Button”

Kehadiran tombol fisik “Home Button” pada iPhone 8 Plus bisa digunakan oleh para pengguna untuk navigasi. Sedangkan iPhone XR tidak memiliki tombol fisik yang dimiliki iPhone 8 Plus, tetapi digantikan dengan navigasi melalui gestur jari. Dengan adanya tombol fisik tersebut juga secara otomatis menjadikan iPhone 8 Plus lebih unggul pada sisi sensor sidik jarinya yang biasa disebut dengan TouchID. Absennya tombol fisik pada iPhone XR menjadikan ponsel tersebut hanya disematkan keamanan FaceID saja. 

  • iPhone 8 Plus Memiliki 2 Kamera

Kelebihan terakhir yang dimiliki iPhone 8 Plus yang tidak ada ada pada iPhone XR adalah memiliki 2 kamera dibelakang. Sedangkan iPhone XR hanya memiliki satu kamera saja yang keduanya sama sama beresolusi 12 megapiksel. Meski iPhone XR diklaim memiliki software yang lebih bagus untuk proses foto, tetapi tidak adanya kamera telephoto disebut sebut sebagai kekurangan iPhone XR. 

Menimbang fitur fitur yang telah disebutkan diatas itu hanya tentang fitur yang nantinya hanya akan membuat rindu para pengguna iPhone tombol fisik. Sebenarnya iPhone XR juga layak dipilih dari iPhone 8 Plus, atau jika memang ada yang ingin “Upgrade” dengan beberapa kelebihannya juga yang mengalami peningkatan dari versi sebelumnya. Berikut dibawah ini beberapa kelebihan yang dimiliki iPhone XR :

  1. Menggunakan Chip Terbaik

Chip (SoC) yang digunakan iPhone XR adalah A12 yang merupakan chip terbaik pada smartphone yang ada saat ini.  

  • iPhone XR Lebih Efisien 

Tersematnya SoC pada iPhone XR membuatnya menjadi lebih efisien dalam memakan kekuatan baterai sebesar 2.942 mAh, lebih besar dari iPhone 8 Plus yang memiliki 2.691 mAh. Pabrikan Cupertino itu juga mengklaim bahwa iPhone XR lebih tahan lama 90 menit jika dibandingkan iPhone 8 Plus. 

  • iPhone XR Memiliki Bazel Lebih Tipis 

iPhone XR ternyata tidak hanya lebih tipis bezelnya, tetapi pilihan warna cerianya juga dinilai sebagai kelebihan HP tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *