Kesehatan

Cara Mudah Menjaga Indeks Massa Tubuh Ideal

Pembangunan Sumber Daya Manusia atau SDM adalah salah satu prioritas pembangunan nasional. Perhatian utamanya adalah mempersiapkan serta meningkatkan kualitas produk usia kerja supaya benar benar bisa mendapatkan kesempatan serta ikut berperan dan memiliki kemampuan untuk mewujudkan hal tersebut yang merupakan pembangunan di bidang kesehatan serta gizi. 

Masalah kelebihan dan kekurangan gizi pada orang dewasa atau yang berusia diatas 18 tahun adalah masa penting, karena tidak hanya beresiko akan mengalami penyakit penyakit tertentu saja, tetapi juga bisa mempengaruhi produktivitas kerjanya. Oleh karena itu diperlukannya pengawasan terhadap keadaan tersebut oleh setiap orang secara berkesinambungan. 

Lalu bagaimana cara menjaga tetap idealnya indeks massa tubuh? Berikut dibawah ini penjelasan cara mudah menjaga indeks massa tubuh ideal, diantaranya yaitu :

1. Menggunakan IMT Atau BMI

Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) adalah cara atau alat sederhana untuk memantau status gizi orang dewasa, terlebih yang berkaitan dengan kelebihan serta kekurangan berat badan. Orang dewasa yang kurang berat badannya berisiko tinggi terhadap penyakit infeksi. Sedangkan orang dewasa yang berlebuhan berat badannya berisiko tinggi terhadap penyakit degenerative. Oleh karena itu, dengan mempertahankan berat badan ideal maka memungkinkan seseorang bisa mencapai usia harapan hidup yang lebih panjang. 

2. Cara Menaikkan Berat Badan Orang Dewasa KurusĀ 

Penyebab orang dewasa bertubuh kurus adalah karena konsumsi energi yang lebih rendah dari kebutuhan yang mengakibatkan akan digunakannya sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak. 

Kerugian tubuh kurus :

  • Penampilan cenderung menjadi kuran menarik.
  • Mudah lelah.
  • Rentan terserang penyakit, beberapa risiko sakit yang mungkin dialaminya seperti penyakit infeksi, depresi, anemia, dan diare. 
  • Wanita kurus saat hamil beresiko tinggi melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. 
  • Kemampuan bekerja keras kurang. 

Cara menaikkan berat badan :

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang secara teratur 3 kali sehari. 
  • Konsumsi makanan sumber energi dan protein dalam jumlah lebih banyak dari biasanya.  Kamu bisa mendapatkannya dari roti, nasi, umbi umbian, ikan, daging, tempe, dan tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. 
  • Istirahat yang cukup. 

Sebagai catatan :

Orang dewasa yang termasuk dalam kategori kurus bisa disebabkan oleh penyakit tertentu. Oleh karena itu mereka disarankan untuk segera memeriksakan kesehatannya ke tenaga medis. 

Tips : Supaya mereka bisa memantu IMT dengan baik, mereka harus menimbang berat badannya secara teratur. 

3. Cara Mudah Mendapatkan Berat Badan Normal

Untuk bisa mendapatkan berat badan normal bisa diwujudkan dengan cara mengkonsumsi energi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh. Sehingga tidak akan terjadinya penimbunan energi dalam bentuk lemak ataupun penggunaan lemak sebagai sumber energi. 

Keuntungan bertubuh ideal :

  • Penampilan tampak menarik.
  • Lincah dan bertenaga.
  • Berisiko rendah terserang penyakit. 

Cara mempertahankan berat badan normal :

  • Mempertahankan kebiasaan makan sehari hari dengan susunan menu makanan gizi seimbang.
  • Mempertahankan kebiasaan olah raga secara teratur dan tetap melakukannya. 
  • Mempertahankan kebiasaan fisik sehari hari. 

Gizi seimbang merupakan susunan hidangan sehari hari yang mengandung zat gizi dalam jumlah serta kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk bisa hidup sehat secara maksimal. Makanan yang dikonsumsi sehari hari harus mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan untuk bisa hidup sehat. Makanan sumber energi utama bisa didapatkan dari nasi, jagung, sagu, ubi, roti, serta hasil olahannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *