Bisnis dan Keuangan

Aplikasi Reksadana yang Menyediakan Perduk Reksadana Syariah

6 Aplikasi Investasi Reksadana untuk Android dan iOS, Diawasi OJK!

Seperti reksadana pada umumnya, sebenarnya reksadana Syariah juga pada prinsipnya sama, dimana uang investor dikumpulkan ke dalam suatu wadah, kemudian nantinya akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI). Namun perbedaannya terletak di cara mengelola reksadana tersebut.

Berbeda dengan reksadana non Syariah yang Manajer Investasinya dapat memilih instrumen investasi apapun dengan catatan masih di bawah ketentuan yang diatur oleh OJK. Sementara itu pada reksadana Syariah, MI juga harus patuh terhadap ketentuan fatwa MUI yang menjadi dasar pengelolaan reksadana Syariah, selain harus mengikuti aturan OJK. Karena hal ini, pilihan investasi di reksadana Syariah lebih terbatas apabila dibandingkan dengan reksadana umumnya.

Untuk mendapatkan reksadana Syariah yang baik, pada dasarnya kita harus melihat dari 2 aspek yaitu Manajer Investasi-nya dan riwayat kinerja produk reksadananya. Apabila kedua hal tersebut tidak diperhatikan, maka reksadana Syariah dengan hasil optimal tidak bisa kita dapatkan.

Reksadana Syariah yang ada di pasaran berjumlah ratusan. Hal ini membuat investor kesulitan memilih produk terbaik. Namun kini kita bisa langsung memilih produk Syariah yang sudah terseleksi secara ketat, dengan memilihnya langsung lewat aplikasi reksadana Bibit. Aplikasi Bibit tidak hanya memudahkan investor pemula untuk memilih reksadana Syariah yang baik, namun juga memberikan rekomendasi jenis reksadana Syariah yang sesuai dengan profil risiko investor.

Aplikasi Bibit dilengkapi teknologi bernama Robo yang bisa menyesuaikan pola investasi berdasarkan umur, penghasilkan, level risiko, dan target tujuan hidup investor serta memberikan rekomendasi sesuai hasil analisanya. Selain itu terdapat fitur livechat yang memudahkan investor untuk bertanya. Menggunakan aplikasi Bibit, kita hanya ditawarkan reksadana yang benar-benar memiliki kinerja yang baik. Sehingga reksadana Syariah di Bibit sudah merupakan pilihan terbaik. Berikut ini adalah produk reksadana Syariah terbaik yang bisa dipilih melalui aplikasi Bibit.

  • Reksadana Syariah Saham, yang terdiri dari:
  • Manulife Syariah Sektoral Amanah Kelas A
  • Mandiri Investas Atraktif-Syariah
  • TRIM Syariah Saham
  • Reksadana Syariah Obligasi
  • Bahana MES Syariah Fund
  • Majoris Sukuk Negara Indonesia
  • Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A
  • Reksadana Syariah Pasar Uang, yang terdiri dari:
  • Sucorinvest Sharia Money Market Fund
  • Schroders Dana Likuid Shariah
  • BNI-AM Dana Lancar Syariah

Daftar produk reksadana Syariah di atas adalah hanya beberapa dari produk yang ada, kamu bisa melihat selengkapnya langsung di aplikasi Bibit.

Setelah mengetahui produk reksadana Syariah, perlu mengetahui juga bahwa ada beberapa batasan investasi yang bertujuan untuk menjaga agar investasi tetap halal dan tidak riba. Adapun beberapa batasan tersebut diantaranya:

  1. Rasio utang terhadap aset perusahaan maksimal 45%
  2. Pendapatan non-syariah yang dimiliki perusahaan maksimal 10% dari total pendapatan
  3. Perusahaan tidak melakukan kegiatan usaha non-halal, seperti perjudian, riba, penjualan barang haram, suap, dan lainnya

Batasan-batasan tersebut harus diikuti oleh Manajer Investasi ketika mengelola reksadana Syariah. Selain itu, reksadana Syariah juga memiliki mekanisme bernama proses cleansing. Penjelasan secara singkatnya, proses ini mengharuskan pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah untuk diamalkan. Seperti misalnya sebuah perusahaan yang mengeluarkan Surat Utang melebihi 45% dari total aset, maka Manajer Investasi akan melepas perusahaan dari portofolio Reksadana Syariah dan akan hasil investasi perusahaan bersangkutan akan diamalkan.

Itulah penjelasan mengenai produk reksadana Syariah dari aplikasi reksadana Bibit. Apabila kamu sudah siap untuk membeli produk reksadana Syariah terbaik, kamu bisa melihatnya melalui aplikasi Bibit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *