Fashion

Penggunaan Baju Batik Untuk Berbagai Acara

main image

Siapa yang tidak tahu baju batik, baju yang satu ini memang merupakan salah satu baju khas dari Indonesia. Motif-motif yang unik dan tertentu membuat baju tersebut terlihat membawa ciri khas yang tajam ala Indonesia. Tentu saja sebelumnya jenis baju yang terbuat dari kain batik selalu identik untuk acara tertentu. Karena lebih mengarah pada pakaian adat yang digunakan di masa dahulu. Padahal saat ini sudah cukup banyak penggunaan baju batik untuk segala acara. Bagi yang ingin tahu lebih jelasnya, berikut ini beberapa tips penggunaan baju motif batik untuk acara-acara formal maupun non formal.

Pesta Pernikahan

Acara yang paling umum menjadi sasaran penggunaan baju batik yaitu pada saat pesta pernikahan. Motifnya yang terlihat menarik dan klasik cocok menjadi gaun serta atasan resmi untuk acara tersebut. Dipadukan dengan kain kebaya ataupun celana kain warna apapun, tentu saja baju dengan motif batik ini dapat menjadi pilhan yang menarik dan menawan. Terutama jika memilih menggunakan bahan yang terbuat dari sutra lembut. Kesan mewahnya cocok sekali dipilih untuk acara pesta.

Pakaian Kerja

Saat ini baju dengan motif batik ini rupanya juga digunakan untuk pakaian kerja. Baik pakaian kerja wanita maupun pakaian kerja pria, semuanya memiliki kecocokan untuk digunakan ke kantor sehari-hari. Bukan hanya terlihat menarik dan klasik, tetapi juga jauh lebih rapi dan lebih sopan. Sehingga tidak ada salahnya menggunakan baju dengan motif tersebut di hari tertentu untuk ke kantor. Entah itu sebagai atasan pria atau dress untuk wanita, pastinya terlihat menarik dan pas.

Seragam Sekolah

Rupanya baju batik juga menjadi salah satu pilihan sebagai seragam sekolah untuk berbagai macam sekolah di Indonesia. Mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga usia SD, SMP maupun SMU, banyak yang memilih motif batik sebagai salah satu seragam. Bahkan sekolah-sekolah negeri mewajibkan penggunakan seragam batik di hari tertentu. Maka dari itu sangat cocok jika menggunakan baju tersebut untuk keperluan seragam sekolah.

Acara Kasual

Meskipun terkesan berat dan formal, rupanya baju yang satu ini juga cocok dijadikan pilihan untuk menghadiri berbagai macam acara kasual. Baik sekedar jalan-jalan bersama keluarga, atau menghadiri acara-acara santai seperti makan malam dengan kolega. Ada banyak pilihan menarik yang bisa dikenakan. Terutama jika berbicara motif dan model untuk kaum wanita. Entah sebagai dress santai, atau juga bisa menjadi rok plisket lucu dengan warna-warna menarik. Sehingga kesan formal berganti menjadi lebih kasual dan nyaman.

Acara Kenegaraan

Tentu bukan rahasia lagi jika baju batik banyak digunakan untuk menghadiri acara kenegaraan. Maka dari itu tidak mengherankan jika sebagian besar seragam PNS maupun saat menghadiri acara kenegaraan banyak yang memilih motif batik tersebut. Dengan paduan menarik berupa atasan maupun bawahan yang tepat, pastinya baju dengan motif dasar batik ini akan terlihat lebih menawan.

Itulah beberapa macam penggunaan baju batik untuk berbagai macam acara. Mulai dari acara yang formal hingga acara non formal. Dengan berbagai macam motif dan padu padan yang menarik, maka tidak mengherankan jika kain adat Indonesia ini memiliki tempat di hati banyak penggemarnya. Sehingga apapun motif dan model yang diberikan tentu saja dapat membuat banyak orang menyukai dan memilikinya. Bahkan bukan hanya lokal saja tapi juga sampai ke kalangan mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *