Rumah dan Furniture

5 Tips Dekorasi Rumah Kecil Ala Jepang

Diantara kita pasti sering melihat beberapa film dari Jepang yang menampilkan kondisi rumah mereka.  Seperti halnya animasi Doraemon yang menampilkan tampilan eksterior dan interior rumah ala Jepang yang minimalis nan fungsional.

Kondisi tersebut akhirnya memberikan berbagai inspirasi untuk membuat rumah dengan dekorasi yang minimalis namun tetap fungsional.

Mumpung masih WFH dan punya banyak waktu berada di rumah, kamu bisa menggunakan beberapa ide di bawah ini untuk mendekorasi rumah kamu seperti rumah ala Jepang yang minimalis.

Terlebih kini cukup banyak barang pernak pernik dekorasi ala Jepang di marketplace. Bayarnya juga makin muda dengan adanya pinjaman online cepat cair cukup ktp saja. Nah, simak sampai akhirnya beberapa ide berikut ini:

1. Ciptakan suasana alami yang menyatu dengan alam

Rumah ala Jepang selalu menyatu dengan alam sehingga kamu bisa mulai mempercantik rumah dengan berbagai elemen alam yang natural.

Salah satu contohnya misalnya dengan mulai menanam beberapa tanaman bunga maupun sayuran untuk ketahanan pangan seperti cabai kangkung dan lain sebagainya.

Elemen lain yang banyak digunakan adalah elemen kayu. Selain berfungsi untuk melepaskan emisi karbon di dalam rumah, kayu juga andal untuk menahan guncangan terutama di daerah gempa.

2. Menggunakan warna-warna natural

Pilihan warna-warna natural bisa dipadu padankan dengan suasana alam. Warna-warna kalem atau warna pastel pun bisa dijadikan salah satu elemen yang menghadirkan suasana alam. 

Kamu bisa menggunakan wallpaper, ataupun cat dinding. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kantong dan bujet.  

3. Furniture serba minimalis dan fungsional

Mungkin tidak akan 100 persen mengikuti furniture ala Jepang. Tapi, beberapa furniture khas Jepang memang lebih banyak yang menggunakan material kayu dan bambu.

Nah, ide tersebut bisa langsung kamu eksekusi. Pilihan furniture yang bergaya minimalis dan modern serta bisa masuk ke berbagai tema bisa kamu dapatkan di IKEA. Mumpung ada promo diskon 5% sampai dengan Rp100.000 setiap belanja minimal Rp500 ribu menggunakan Kredivo

Promonya berlaku sampai Juni 2021 saja lho. Kamu bisa mencicil berbagai barang dalam satu keranjang yang sama dengan total belanjaan minimum Rp500 ribu. Bisa dicicil mulai dari 3,6 sampai dengan 12 bulan. Jadi lebih fleksibel dan ringan bukan?

Cicilan Kredivo sangat terjangkau kok. Bunganya hanya 2,6% saja per bulan. Lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan pinjaman online cepat cair cukup ktp yang sejenisnya. Daftar aja sekarang secara online lewat aplikasi resminya yang bisa diunduh lewat App Store maupun Google Play Store.

4. Desain sederhana dengan barang seadanya 

Ide lain adalah dengan menggunakan barang seadanya tetapi tetap fungsional. Konsep minimalis ala Jepang bisa dibilang berubah dan mengalami pergeseran.

Dalam kacamata orang Asia mungkin dianggap terlalu ekstrim. Tetapi, dengan cara membeli barang seadanya, ternyata punya makna di balik itu semua yaitu dukungan terhadap upaya menghemat energi agar tidak terlalu banyak limbah yang ditimbulkan. Tertarik juga melakukannya?

5. Memaksimalkan pencahayaan alami

Arah mata angin memang cukup penting dalam proses dekorasi karena berkaitan dengan arah cahaya mata hari. Agar rumah bisa ikut memangkas biaya listrik, upayakan untuk memaksimalkan pencahayaan alami.

Jangan ragu untuk berkreasi entah itu melubangi atap dengan kaca transparan, hingga membuat partisi yang bisa tembus cahaya tetapi sekaligus tetap bisa menjaga privasi keluarga. 

Nah, jika rumah kecil kamu sudah bisa didekorasi ala Jepang. Jangan lupa bagikan di Instagram ya hasilnya. Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat orang lain. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *