Kesehatan

Khasiat Apel untuk Kesehatan, Kunci Sehat Semua Penyakit?

Apel Fuji Besar

Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata apel juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi apel secara langsung maupun menjadikannya salad atau jus. Makan apel setiap hari bisa mencegah banyak penyakit. Tak heran jika buah ini pun mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Nah, berikut ini akan dibahas khasiat apel untuk kesehatan yang masih jarang diketahui banyak orang. Simak penjelasan berikut ini!

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat apel yang pertama bagi kesehatan yaitu mampu menjaga serta membantu mencegah risiko penyakit jantung. Kandungan dalam apel mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa polifenol di dalam buah ini bisa berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, senyawa flavonoid epicatechin mampu menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit stroke. Manfaat ini bisa dirasakan dari bagian kulit buah apel. Sehingga kamu tak perlu mengupas kulit apel ketika memakannya agar manfaatnya bisa dirasakan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam apel ada yang dapat larut dalam air dan tidak larut. Kandungan serat yang bisa larut dikenal sebagai pektin yang memiliki manfaat dalam pengendalian kadar gula dalam darah. Kandungan pektin dalam apel akan mengontrol kadar lemak serta kadar gula dalam darah dengan bantuan fitonutrien.

Tak hanya bisa menjaga kesehatan pencernaan, kandungan serat dan mineral dalam apel bisa membantu kamu lebih kenyang sehingga juga berguna dalam menurunkan berat badan. Hal ini akan membuat apel bermanfaat menjaga keseimbangan dan menurunkan berat badanmu.

Pencernaan yang sehat serta kadar gula yang terkontrol akan membuatmu mengidap risiko penyakit degeneratif di kemudian hari.

3. Kaya akan antioksidan

Nutrisi lainnya yang terdapat dalam buah apel yaitu beta karoten (vitamin A) yang berguna sebagai sumber antioksidan. Kandungan beta karoten ini bermanfaat dalam membantu mencegah terjadinya stres oksidatif dalam tubuh kita.

Oleh karenanya, senyawa antioksidan juga mampu membantu melindungi penglihatan, melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA dan UVB, hingga gangguan kognitif seperti Alzheimer.

4. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Diketahui dalam sebuah penelitian yang menguji khasiat apel untuk kesehatan yaitu salah satunya mampu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Kandungan polifenol yang menjadi jawabannya sehingga bisa mencegah kerusakan jaringan serta sel beta dalam pankreas.

Sel beta ini bisa menghasilkan insulin yang mengalami kerusakan pada penderita diabetes tipe 2. Serat yang ada dalam apel ini memiliki khasiat dalam memberi makan bakteri baik dalam usus sehinga bisa membantu melindungimu dari penyakit diabetes tipe 2.

5. Mencegah Penyakit Asma

Kandungan antioksidan dalam buah apel bisa menangkal efek buruk radikal bebas seperti kerusakan sel. Selain itu, juga bermanfaat melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif sehingga mampu menurunkan risiko asma.

Dalam kulit apel terdapat flavonoid yang bisa membantu mengatur kekebalan tubuh sehingga bisa mengurangi peradangan. Antiinflamasi dan antioksidan dalam apel bisa membantu tubuh mengatur respons imun dan melindungi dari serangan asma.

Beli Buah di Tanihub dengan Mudah

Buat kamu yang ingin merasakan khasiat apel untuk kesehatan, sebaiknya konsumsi setiap hari secara rutin. Salah satu caranya bisa membeli apel di Tanihub. Selain buah di sini segar, bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Hal ini cocok sekali saat masa pandemi seperti saat ini, sehingga kamu tak perlu keluar rumah untuk belanja buah dan sayur. Yuk belanja segera di aplikasi Tanihub!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *