Informasi

Mengenal 7 Jenis Ayam Pedaging di Indonesia

Ayam Kampung  | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Siapa sih yang tidak suka makan ayam? Bahan pangan hewani yang satu ini memang menjadi salah satu jenis makanan yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Ada bermacam-macam jenis olahan dari ayam yang lezat dan tidak boleh kita lewatkan. Nah, agar kita bisa mendapatkan ayam berkualitas yang segar, pastikan untuk membeli ayam melalui TaniHub, sebuah platform online yang menyediakan bermacam-macam produk sayur dan buah dari petani lokal.

Sementara itu, ayam sendiri sebenarnya memiliki bermacam-macam jenis loh dan ayam yang kita konsumsi ini dikenal sebagai ayam pedaging. Berbeda halnya dengan ayam petelur, ayam pedaging menghasilkan telur yang lebih sedikit.

Nah, di Indonesia sendiri, kita bisa menemukan beberapa jenis ayam pedaging. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak melalui uraian berikut ini!

1. Ayam kampung super

Jenis ayam yang satu ini termasuk sebagai salah satu jenis ayam yang diternakan sebagai ayam pedaging. Nah, ayam kampung super ini memiliki masa panen yang relatif cepat, yakni sekitar 60 hari sajal. Di samping itu, ayam kampung super pun juga kerap diincar oleh pelaku usaha peternakan karena memang cepat untuk dipanen.

2. Ayam broiler

Selain ayam kampung super, ayam broiler juga merupakan salah satu jenis ayam pedaging yang kerap kita temui di pasaran. Nah, jenis ayam yang satu ini juga memiliki masa panen yang cepat, yakni kurang lebih sudah dapat dipanen dalam waktu 35 hari. Ayam ini memiliki bulu yang warnanya putih serta tubuh yang cenderung lebih pendek apabila kita bandingkan dengan ayam kampung.

3. Ayam kampung asli

Ayam kampung asli atau yang juga dikenal dengan sebutan AKA termasuk sebagai salah satu jenis ayam pedaging. Nah, ayam kampung ini pada umumnya juga bisa dijadikan sebagai ayam petelur loh. Untuk membudidayakan ternak ayam kampung asli, kita bisa melakukannya dengan cara yang sederhana dengan cara diumbar. Biasanya, ayam kampung asli juga dipelihara oleh warga yang tinggal di desa.

4. Ayam KUB

Ayam KUB merupakan singkatan dari ayam Kampung Unggul Balitbangtan. Soalnya, ayam yang satu ini memang berasal dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Litbang Pertanian Bogor dan diterapkan pada sekitar 6 generasi. Maka dari itu, ayam KUB sendiri merupakan persilangan antara ayam kampung yang memiliki keunggulan dan dapat dijadikan sebagai ayam pedaging maupun ayam petelur.

5. Ayam pejantan

Ayam pejantan termasuk sebagai salah satu jenis komoditas ternak yang bibitnya cenderung murah. Soalnya, jenis ayam pedaging yang satu ini sebenarnya merupakan ayam petelur. Hanya saja, karena tidak bisa menghasilkan telur, ayam ini kemudian dijadikan sebagai ayam pedaging. Apalagi, kualitas daging ayam pejantan pun tidak bisa kita remehkan.

6. Ayam brahma

Tahukah kamu mengapa ayam ini disebut sebagai ayam brahma? Mendengar namanya saja, tentu kita akan beranggapan bahwa ayam brahma bukanlah ayam yang berasal dari Indonesia. Yup, ayam brahma termasuk sebagai salah satu jenis ayam yang berasal dari India. Selain dapat dijadikan sebagai ayam hias, ayam ini juga bisa jadi ayam pedaging loh.

8. Ayam pelung

Jenis ayam yang satu ini kerap diincar oleh pecinta unggas hias karena ayam pelung memang memiliki suara yang merdu dan panjang ketika berkokok. Namun, sebenarnya ayam pelung pun termasuk sebagai salah satu jenis ayam pedaging. Ayam ini merupakan ayam asli Indonesia yang postur tubuhnya besar dan tinggi. Makanya, ayam ini pun kerap disilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *