Kuliner

Perkedel Kentang Penjelasan, & Beragam Cara Pembuatannya

Begini Cara Membuat Perkedel Kentang Untuk Teman Makan Siang Hari Ini |  Indozone.id
source gambar : indozone.id

Siapa yang tak mengenal sajian simpel nan nikmat yang satu ini, yup benar perkedel kentang namanya. Perkedel kentang merupakan sebuah makanan sederhana yang menjadi kegemaran orang Indonesia, makanan yang satu ini bisa menjadi lauk, pendamping, atau bahkan camilan di waktu luang. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan kata “Perkedel”?

Apa itu Perkedel?

Perkedel ialah sajian khas Indonesia yang berbahan dasar kentang yang direbus kemudian dilumatkan, kemudian dicampur dengan kuning telur, cincangan daging, daun bawang yang diiris, daun seledri, juga bumbu-bumbu pemberi rasa. Setelah tercampur rata, adonan kentang tumbuk ini dibentuk bulat-bulat gepeng. Lanjut adonan bulat gepeng tadi dicelupkan ke dalam kocokan putih telur ayam, kemudian tinggal digoreng sampai matang.

Perkedel sejujurnya berawal dari Bahasa Belanda yakni “Frikadeller” atau “Frikadel”, yang dimaksud adalah semacam daging cincang atau giling yang dipadatkan kemudian digoreng. Daging yang menjadi bahan utama frikadel khas Belat, berbeda di Indonesia justru yang berkembang adalah perkedel dengan kentang sebagai bahan utamanya.

Pada masa penjajahan Belanda dulu nyatanya membawa pengaruh yang besar dalam budaya, bahasa, serta kuliner Indonesia. Sehingga tidak aneh jikalau makanan asal Eropa ini juga menjadi salah satu keragaman kuliner Indonesia dengan bentuk yang berbeda.

Setelah mengetahui asal usul penjelasan dari perkedel, maka sudah waktunya membedah resep dasar pembuatan perkedel kentang

Resep Perkedel Kentang

Bahan:

  • 300 gram kentang
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 sendok makan garam
  • 1 batang seledri
  • 2 kuning telur
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Perkedel Kentang Rebus:

  1. Cuci bersih kentang, lalu rebus kentang yang sudah dicuci sampai matang dan empuk.
  2. Dinginkan kentang dengan mengeluarkan dari air panas, setelah dingin lanjut kupas kulit kentang dan tumbuk kentang sampai halus.
  3. Potong bagian pangkal batang seledri yang sudah tua, lalu iris halus sisa batang juga daunnya dan sisihkan.
  4. Uleg atau iris halus bawang merah, bawang putih, garam, juga merica, lalu tumis sampai wangi juga berubah warna.
  5. Campur kentang tumbuk tadi dengan bumbu yang sudah ditumis juga potongan daun seledri, lanjut setelah tercampur rata padatkan sampai membentuk bulatan pipih.
  6. Balur atau lumuri bulatan pipih perkedel tadi dengan kuning telur yang telah dikocok, lalu goreng dengan minyak panas dan banyak sehingga perkedel tertutup minyak seutuhnya sampai perkedel berubah warna dari kuning menjadi kecoklatan.
  7. Tiriskan sampai benar-benar seluruh minyak goreng luruh, bisa gunakan tissue khusus untuk menyerap minyaknya.
  8. Siapkan sambal sebagai cocolan untuk menikmati perkedel buatan anda.
  9. Sebagai catatan jika anda bosan dengan rasa perkedel yang standar, maka anda bisa menambahkan isian lain selain daun bawang dan seledri. Isian tersebut ialah irisan daging sapi, irisan daging ayam, irisan bakso, kornet, mungkin bisa juga dicoba dengan irisan seafood seperti udang dan ikan walaupun masih agak jarang karena takut bau amisnya. Tetapi coba saja bagi yang ingin menciptakan cita rasa baru nan unik dari perkedel, tak coba tak tahu kan?

Bagaimana sangat mudah bukan untuk membuat perkedel sendiri di rumah yang bisa disajikan untuk seluruh anggota keluarga, ketimbang beli di warung dengan harga yang biasa dibanderol mulai dua ribu rupiah sampai lima ribu rupiah per butirnya. Sekian, semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *