Informasi

5 Langkah Mudah Mengatur THR Agar Tidak Boncos

Promo CICILAN 0% Kredivo

Momen pembagian uang THR biasanya jadi momen paling ditunggu di bulan Ramadan. Bisa dapat 1x gaji atau lebih, lalu bisa digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan yang bengkak saat Ramadan, khususnya jelang perayaan Lebaran. 

Tapi kadang-kadang, uang THR juga berpotensi membuat seseorang menjadi boros. Nggak jarang, bukannya cukup untuk menutup kebutuhan yang bengkak, malah jadi nombok atau harus ambil pinjaman atau cicilan kredit online. Terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga, atau harus mudik ke tempat yang cukup jauh. Otomatis, pengeluarannya akan jauh lebih besar. 

Di masa pandemi, THR bisa menjadi salah satu peluang kita untuk mendapat tambahan tabungan atau dana darurat, selain daripada perayaan Lebaran. Oleh karena itu, ada baiknya THR diatur dengan bijak supaya nggak boncos dan semakin bermanfaat. 

Gimana caranya?

Kunci alokasi dana hari raya untuk kebutuhan prioritas

Sebagai momen penting satu tahun sekali, kamu tentu sudah tahu kebutuhan apa-apa saja yang penting dan menjadi prioritas di hari raya. Misalnya, jamuan Lebaran, hadiah untuk sanak keluarga, hingga mudik. 


Saat menerima THR, prioritas tersebutlah yang perlu kamu catat dan langsung kunci alokasi dananya. Sebaliknya, kebutuhan perintilan yang sifatnya kurang penting, bisa dihapus atau dibatasi. Misalnya, window shopping di e-commerce dan akhirnya beli barang-barang yang kurang dibutuhkan dengan dalih promo atau “mumpung THR”. Sebab, habit seperti inilah yang bisa membuat keuangan boncos dan berpotensi bikin ketagihan. 

Masih ada utang atau pinjaman? Alihkan sebagian THR untuk membayar

Dengan mengunci alokasi dana untuk kebutuhan hari raya yang penting, kamu akan punya dana sisa yang bisa digunakan untuk urusan lain. Misalnya, kamu masih punya cicilan atau pinjaman yang sebentar lagi lunas. 

Kamu bisa mengalokasikan uang tersebut untuk menutup pinjaman. Ini tentu akan bermanfaat agar beban keuanganmu kembali ringan. Sehingga nantinya di bulan depan, kamu bisa menggunakan gaji untuk kebutuhan lain yang lebih penting atau membuat rencana keuangan lainnya. 

Tidak mudik tahun ini? Alihkan dana ke tabungan atau dana darurat

Di tahun ini, mudik sudah lebih dilonggarkan oleh pemerintah, khususnya mereka yang sudah menerima vaksin booster. Seperti yang kita tahu, mudik tentu akan memakan biaya besar apalagi jika harus naik pesawat. 

Bagi kamu yang tidak mudik atau tidak memutuskan mudik di tahun ini, plus nggak ada utang berjalan yang harus dilunasi, tabungan dan dana darurat bisa menjadi “periuk” berikutnya yang bisa diisi dari sisa uang THR.

Sama halnya dengan melunasi utang, memiliki tabungan dan dana darurat akan sangat bermanfaat untuk diri sendiri. Terlebih di kala darurat, kita bisa menggunakan uang tunai dengan cepat tanpa harus pinjam sana sini.

Masih ada uang sisa? Gunakan untuk kebutuhan produktif

Setelah Lebaran, hidup harus kembali seperti biasa. Jangan sampai uang hanya habis saat Lebaran. Kamu juga bisa mengatur rencana jangka panjang dari uang THR. Salah satu contohnya, menggunakan uang sisa THR untuk berbagai rencana pribadi yang belum terwujud yang sifatnya untuk produktif. Misalnya memulai bisnis kecil-kecilan. 

Tidak harus selalu menghasilkan uang, aktivitas yang terkait hobi dan bisa membuat pikiran segar dan semangat lagi, juga termasuk kebutuhan yang perlu dipenuhi. Tidak ada salahnya menggunakan uang sisa THR untuk pengembangan dirimu sendiri. 

Perlu ambil cicilan atau kredit online untuk Lebaran? Manfaatkan Kredivo

Untuk kamu yang mau punya cashflow lebih lancar dan mau ambil cicilan alih-alih bayar sekaligus tunai pakai THR, kamu bisa mengandalkan Kredivo. 

Kredivo adalah layanan kredit instan online yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari belanja perintilan, beli akomodasi traveling, belanja bulanan, belanja produk fashion, dan masih banyak lagi. 


Kredivo salah satunya cocok digunakan jika kamu perlu memesan tiket mudik dalam jumlah besar. Sebab, Kredivo menawarkan opsi cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan, tanpa uang muka, dengan minimal transaksi sebesar 500 ribu. Ada juga cicilan dengan opsi tenor lebih panjang yaitu 6-12 bulan, dengan bunga hanya 2.6% per bulannya. 

Tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *